Friday, 25 December 2015

KOMPAS

  Trias Wijaksono       Friday, 25 December 2015

Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah. Kompas terbagi atas kompas kering dan juga kompas basah, Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

Pada zaman dahulu kompas sangat membantu dalam perjalanan. Kompas sendiri memiliki banyak bentuk contoh : matahari, rasi bintang, lumut Dan Lain sebagainya. Namun pada umumnya sekarang  orang lebih banyak menggunakan kompas magnestis. dunia semakin canggih, banyak peralatan yang menyerupai kompas. 



Kompas yang paling canggih saat ini adalah GPS (global positioning system).merupakan system navigasi berbasis satelit  yang  dikembangkan  oleh  Departemen  Pertahanan  Amerika  yang  didukung  oleh  27 jaringan satelit.

GPS terdiri dari 3 segmen: Segmen angkasa, Segmen kontrol/pengendali, dan Segmen pengguna. Dimana segmen angkasa terdiri dari 24 satelit yang beroperasi dalam 6 orbit pada ketinggian

20.200 km dan inklinasi 55 derajat dengan periode 12 jam (satelit akan kembali ke titik yang sama dalam 12 jam).
Satelit tersebut memutari orbitnya sehingga minimal ada 6 satelit yang dapat dipantau pada titik manapun di bumi ini. Satelit tersebut mengirimkan posisi dan waktu kepada pengguna seluruh dunia.


Namun jika kalian sedang berada di kota tidak perlu menggunakan kompas atau GPS cukup bertanya pada penduduk sekitar. Jangan malu untuk bertanya karena ada isitlah “malu bertanya sesat dijalan”. sekian penjelasan singkat mengenai kompas. sampai jumpa ditulisan berikutnya.


penulis : Trias Wijaksono
logoblog

Thanks for reading KOMPAS

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment